15+ Contoh Surat Resmi / Cara Membuat / Undangan / Pemerintah / Sekolah
By Ardi.AW - November 09, 2018
Meskipun kegiatan surat menyurat ini mulai berkurang dikarenakan
perkembangan teknologi yang berupa SMS maupun e-mail membuat kegiaan
surat menyurat mulai berkurang.
Tetapi, berbeda dengan surat resmi yang masih terus diperlukan sampai
saat sekarang ini. Dikarenakan, surat resmi merupakan surat yang
dikeluarkan langsung oleh instasi pemerintahan maupaun badan tertentu
yang meiliki payung hukum.
Sehingga, setiap instansi yang mengeluarkan surat resmi baik itu
untuk kedinasan, kuasa, mauapun surat lainnya yang memiliki kop surat
yang berlabelkan dari instansi resmi pemerintahan maupun badah hukum
lainnya. Perlu mendapatkana keabsahan hukum dan harus tercatat dalam
arsip surat catatan sipil setiap instansi yang mengeluarkan surat
tersebut.
Oleh karena itu, didalam membuat contoh surat resmi haruslah memenuhi
kaidah-kaidah didalam membuat surat resmi dan memenuhi syarat-syarat
pembuatan surat. Karena akan membuat keabsahan hukum dari contoh surat
resmi yang dibuat tidak dipertanyakan lagi oleh instansi ataupun badan
yang menerima contoh surat resmi anda untuk melakukan kerjasama,
penawaran maupun yang semisalnya.
DAFTAR ISI
- Apa Itu Surat Resmi ?
- Fungsi Surat
- Bagian Bagian Surat Resmi
- 1. Bahasa Surat
- 2. Kepala Surat
- 3. Nomor Surat
- 4. Perihal
- 5. Pengesahan
- Format Penulisan Surat Resmi
- 1. Kepala Surat atau KOP Surat
- 2. Tanggal Penulisan atau Pembuatan Surat
- 3. Nomor Surat
- 4. Perihal
- 5. Lampiran
- 6. Alamat Tujuan
- 7. Salam Pembuka
- 8. Isi Surat
- 9. Salam Penutup
- 10. Pengirim
- 11. Tembusan
- Macam – Macam Surat Resmi
- 1. Surat Edaran
- 2. Surat Panggilan
- 3. Surat Undangan
- 4. Surat Keputusan
- 5. Surat Kuasa
- 6. Surat Niaga
- 7. Surat Perjanjian
- 8. Surat Perintah
- 9. Surat Penawaran
- Cara Membuat Surat Resmi
- 1. Kepala Surat
- 2. Nomor, Perihal, Lampiran
- 3. Alamat Surat
- 4. Salam Pembuka, Isi Surat, Salam Penutup
- 5. Pengirim
- Contoh Surat Resmi
- Contoh Surat Resmi Undangan Resmi
- Contoh Surat Undangan Rapat
- Contoh Surat Resmi Perusahaan
- Contoh Surat Resmi Sekolah
- Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris
- Contoh Surat Resmi OSIS
- Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar
- Kesimpulan
- Share this:
- Related
Apa Itu Surat Resmi ?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) surat resmi merupakan
surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik perseorangan,
instansi, maupun organisasi, misalnya undangan, surat edaran, surat
pemberitahuan, dan sebagainya.
Sehingga, dapat dibuat pengertian bahwasanaya contoh surat resmi
merupakan segala jenis surat yang dikeluarkan oleh instansi resmi. Untuk
segala bentuk kepentingan yang baik bersifat umum maupun khusus yang
yang diberikan kepada bentuk perseorangan, organisasi, maupun instansi
resmi lainnya.
Fungsi Surat
Walaupu jarang dibahas tetapi, surat resmi memiliki fungsi yang
membantu suatu instansi untuk mengaja, memberitahu, menghimbau, mauapun
melarang dari suatu kegiatan-kegiatan kedinasan maupaun non-kedinasan.
Dimana, ketika perseorangan, organisasi, maupun instansi tertentu
mendapatkan contoh surat resmi ini. Maka, secara tidak langusng surat
ini menjadi perwakilan secara tertulis dan sah dan harus dikerjakan oleh
yang menerimanya.
Diantara fungsi lain dari surat resmi yang paling sering digunakan antara lain:
1. Dokumen Tertulis
Dalam pembuatan surat resmi yang
dikelurkan oleh suatu instansi, surat resmi yang diserahakan ke
administrasi penerima bertujuan sebagai dokumen tertulis untuk digunakan
sebagai bahan arsip dari instasi yang menerima rusat tersebut.
2. Pedoman Kerja
Diantara bentuk fungsi lain dari surat
resmi yang dikeluarkan adalah sebagai pedoman kerja dalam bentuk
tertulis pada surat tersebut. Dengan adanya pedoman kerja tersebut
secara tidak langsung contoh surat resmi yang diberikan kepada penerima
surat resmi itu berfungsi sebagai surat kontrak kerja.
3. Sarana Komunikasi
Walau teknologi semakin maju dan
penyebaran surat menyurat sudah mulai tergantikan dengan media
elektronik. Namun, dalam beberapa kasus contoh surat resmi dalam bentuk
tertulis masih harus digunakan sebagai bentuk formalitas dalam
penyampaian maksud dan tujuan.
4. Jaminan
Dalam beberapa kasus, surat resmi
berfungsi sebagai penjamin atau surat jaminan yang dapat digunakan
sebagai jaminan saat akan melakukan transaksi atau kerja sama. beberapa
conoh surat resmi sebagai jaminan bisa seperti surat perjanjian, surat
kuasa, atau surat jaminan langusng dibuat.
5. Surat Keterangan
Ada banyak contoh surat resmi langsung
mauapaun tidak langsung yang dikeluarkan oleh berbagai instansi terkait.
salah satunya adalah surat keterangan, pada surat keterangan bertujuan
untuk menjelaskan suatu keadaan ataupun kondisi tertentu. Seperti surat
keterangan meninggal dunia, surat keterangan saki atau izin, surat
keterangan tidak mampua dan berbagai contoh surat keteranganlainnya.
6. Bentuk Perwakilan
Diantara fungli lain yang dapat digunakan
pada contoh surat resmi adalah sebagai perwakilan atau mewakili penulis
untuk berbicara dana memberikan instruksi, ajakan, maupun perintah
kepada oranga atau instansi yang dituju.
Bagian Bagian Surat Resmi
Setiap contoh surat resmi memiliki ciri-ciri yang harus diketahui dan
hal inilah yang membdakan antara surat resmi dan surat tidak resmi.
Diantara ciri ciri surat resmi ialah :
1. Bahasa Surat
Didalam membuat surat resmi hal yang perlu diperhatikan saat membuat
surat ini adalah bahasa surat yang harus digunakan adalah bahasa yang
bagi dan sesuai dengan EYD.
2. Kepala Surat
Terdapat kepala surat ataupun kop surat yang menunjukkan asal surat
dari badan atau instasi mana lengkap dengan logo, alamat, nomor telpon,
samapai dengan alamat email harus jelas.
3. Nomor Surat
Terdapat nomor surat yang menjadi penanda bahwasanya usrat tersebut
dikeluarkan oleh instansi tertentu. Dikarenakan setiap surat resmi yang
dikeluarkan harus memiliki nomor surat yang bertujuan untuk pengarsipan.
4. Perihal
Memberikan perihal keterangan surat bertujuan untuk apa. Dan sebagai
penanda agar surat tersebut tidak disalah gunakan untuk keperluan diluar
perihal surat terkait.
5. Pengesahan
Satu hal yang paling pmenonjol didalam ciri ciri surat resmi dari
surat lainnya adalah adanya pengesahan yang diketahui oleh pihak
instansi. Serta telah mendapatkan stempel dari instansi atau badan yang
mengeluarkan surat resmi tersebut.
Format Penulisan Surat Resmi
Oke, kita telah selesai mempelajari sedikit terkait dengan surat
resmi dan ciri ciri surat resmi dibandingkan dengan surat non-resmi.
Selanjutnya kita membahas terkait dengan format penulisan surat resmi.
Karena, terkadang masih banyak diantara kita terkhusus yang bertugas
sebagai administrasi maupun sekertasi didalam instansi mesih kebingunan
didalam membuat surat resmi.
Untuk itu dengan mempelajari format penulisa surat resmi kita akan
lebih paham terktait dengan struktur penulisan dan urutan penulisan
dalam membuat surat resmi.
Diantara format penulisan surat resmi yang wajib kamu ketahui ialah :
1. Kepala Surat atau KOP Surat
Kepala Surat merupakan bagian pembukan surat yang wajib dimiliki oleh
semua jenis surat resmi. Karena dengan adanya kepala surat ataupuan kop
surat akan memberikan informasi awal kepada instansi atau individu yang
dituju oleh surat tersebut.
Kepala surat dalam surat resmi berisi informasi seputar instasi yang
mengeluarkan surat tersebut berupa instansi yang mengeluarkan surat,
nama instansi, alamat, kontak, dan email pengirim.
Terkadang dan sering kita temui dalam beberapa surat resmi dari
pemerintahan akan memberikan logo surat yang berada di pojok kiri atas
yang bersampingan dengan kepala ataupunkop surat.
2. Tanggal Penulisan atau Pembuatan Surat
Setelah penulisan kepala surat. Maka, hal selanutnya yang menjadi
format penulisan surat resmi adalah nomor surat. Nomor surat merupakan
tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat.
Sehingga, surat tersebut dapat diketahui kapan dibuatnya dan tidak
dapat dijadikan sebagai bahan surat palsu untuk melakukan tindakan
kecurangan di hari-hari kemudian.
3. Nomor Surat
Disamping tanggal pembuatan surat. Untuk beberapa kali kita melihat
sebelum tanggal surat terdapat nomor surat yang berupa angka romawi
mauapun angka biasa. Hal tersebut adalah nomor surat, artinya surat
tersebut dikeluarkan yang ke berapa dalam bulan atau tahun tersebut.
Dikarenakan dalam instansi segala bentuk keluar dan masuknya surat harus
tercatat dalam pengarsipan.
Dimana, hal tersebut berfungsi untuk laporan dan rekapan akhir bulan
atau akhir tahun setiap kali instansi melakukan rapat tutup buku atuapun
sebagai pembukuan.
4. Perihal
Bagi sebagian instansi hanya dengan melihat perihal kita akan
mengetahui apa yang akan dibahas selanjutanya. Karena dengan adanya
perihal pada penulisat surat resmi bertujuan untuk menyampaiakn isi
pokok masalah dalam penulisan surat resmi.
Sehingga, penerima surat tersebut akan dapat mengetahui bahwasanya
isi surat akan membahas secara rinci dari surat tersebut hanya dengan
membaca dari perihal surat tersemi tersebut.
5. Lampiran
Pada bagian lampiran surat resmi digunakan untuk melampirkan beberapa
berkas penting lanjutan dari surat sermi tersebu. Dimana, dengan
melampirkan berkas lampiran pada penerima. Sang penerima akan dapat
mengetahui rincian lebih lanjut dari isi surat tersebut tanpa harus
menghubungi instansi yang terkait untuk meminta rincian.
Terkadang
isi lampiran berisi rincian anggaran biaya, laporan keuangan, struktur
kepengurusan, rincian acara, ataupun berupa berkas arsip.
6. Alamat Tujuan
Alamat tujuan dari surat resmi begitu penting untuk di tulis dalam
surat resmi. Karena dengan adanya alamat pada surat resmi akan sangat
membantu pada bagian resepsionis ataua yang menerima surat tersebut agar
segera disampaiakan kepada yang bersangkutan. Dikarenakan, dalam
instansi ataupun badan tertentu.
Tujuan alamat surat dibuat secara terperinci seperti untuk instansi
pada bidang apa dan berada dilantai berapa. Karena akan sangat membantu
agar surat tersebut segera tersampaikan ke tujuan surat.
7. Salam Pembuka
Merupakan salam pembukan dari setiap surat resmi maupun surat tidak
resmi. Dimana, bertujuan sebagai salam pembuka maupun sambutan surat
resmi tersebut.
8. Isi Surat
Isi contoh surat resmimerupakan bagian pada inti dari surat karena,
isi surat membahan dengan jelas, detail, dan spesifik. Namun, tetap
dibungkus dalam muatan yang singkat, padat dan baik.
Karena hal tersebut bersifat surat resmi. Maka, penting untuk membuat
surat resmi dalam bahasa yang baku dan sesuai EYD. Disamping itu,
ketikan ingin membahas sesuatu yang terperinci. Maka, pada akhir dari
isi surat diberikan penjelasan rincian berada pada lampiran surat.
9. Salam Penutup
Salam penutup dalam surat bertujuan untuk menutup surat serta sebagai bentuk rasa hormat dan terimakasih kepada pembaca surat.
10. Pengirim
pada pengirim surat resmi berisikan pengirim surat yang berasal dari
siapa atau di sahkan oleh instansi apa. Umumnya diawali dengan kata “Hormat Kami“, “Mengetahui”. Lalu, ditulisakan siapa yang menandatangi surat. Apakah berasal langusng dari atasan mauapun sekertaris instansi tersebut.
11. Tembusan
Pada tembusan surat resmi, umumnya berisikan terdapat berapa lampiran
surat atau berapa lembar surat yang terkirim dan informasi semisalnya.
Macam – Macam Surat Resmi
Setelah mengethaui ciri-ciri surat resmi, maka kita akan mempelajari
macam-macam surat resmi. Kenapa perlu mengetahui berbagai macam jenis
surat resmi ?. Agar, ketika kamu membuat surat resmi kamu tidak akan
kebingungan cara membuat dan maksud tujuan pembuatan surat resmi
tersebut. Beberapa macam surat jenis yang biasa kalaian temukan dan
beredar dimasyarkat antara lain :
1. Surat Edaran
Surat edaran merupakan salah satu jenis dari contoh surat resmi yang
dikeluarkan oleh instansi terkait yang diberikan ke instansi atau
komunitas tertentu. Diantara contoh surat edaran adalah surat pengumuman
rapat dari lurah untuk seluruh jajaran RT dan RW di wilayah tertentu.
Atau surat edaran untuk pemadaman listrik secara bergilir dari PLN.
2. Surat Panggilan
Surat panggilan merupakan salah satu jenis surat resmi lainnya yang
bertujuan untuk memanggil secara individu maupun ke instansi tertentu.
Dimana, pemanggilan tersebut untuk suatu kepentingan tertentu. Beberapa
contoh surat resmi pemanggilan KPK, surat panggilan interview, surat
panggilan sidang.
3. Surat Undangan
Surat undangan merupakan jenis surat resmi yang paling sering
ditemui. Surat undangan merupakan salah satu jenis contoh surat resmi
yang bertujuan untuk mengundangan suatu individu maupun instansi
tertentu untuk menghadiri suatu acara ataupun keperluan.
Beberapa contoh surat resmi undangan yang biasa kita temui adalah
surat undangan untuk menghadiri rapat, musyawarah ataupun sosialisasi.
4. Surat Keputusan
Surat keputunsan merupakan salah satu surat resmi yang dikeluarkan
oleh suatu instansi kepada anggota dari instansi tersebut. Atau dapat
juga dari instasi yang tinggi kepada instansi yang berada dibawahnya.
Tujuan dari surat keputusan ini adalah sebagai salah satu pemberian
keputusan instansi. Diantara contoh surat keputusan atau yang biasa
dikenal dengan sebutan SK, diantaranya adalah surat keputusan
pengangakan karyawan, surat keputusan presiden, ataupun surat keputusan
pemecatan.
5. Surat Kuasa
Surat kuasa merupakan surat resmi yang bertujuan untuk memberikan
suatu kewenangan kepada individu untuk ditanggungjawabkan dalam suatu
urusan tertentu dari instansi sesuai yang tertulis pada surat kuasa.
salah satu contoh surat kuasa yang serin ditemui adalah surat kuasa
pengambilan uang.
6. Surat Niaga
Surat niaga merupakan surat resmi yang bertujuan untuk melakukan
transaksi yang telah disepakati oleh pembeli dan penjual. Surat niaga
kadanga digunakan untuk transaksi pembelian barang dalam jumlah yang
banyak atau bernilai tinggi. Sehingga, perlu adanya hitam diatas putih
dalam bentuk surat.
7. Surat Perjanjian
Surat perjanjian merupakan surat resmi yang digunakan untuk melakukan
perjanjuan antara kedua belah pihak. umumnya dari instansi untuk
individu yang bertujuan untuk menjalin kontrak ataupun kerja sama dalam
kurun waktu, tempat dan wilayah yang telah disepakati.
8. Surat Perintah
Surat ini merupakan surat resmi yang digunakan untuk memerintas suatu
instansi ataupun individu untuk melakukan sesuatu seperti yang tertera
dalam surat. Surat perintah ini terkadang dikeluarkan untuk suatu urusan
yang penting, diantara contoh surat perintah adala surat perintah
penangkapan, surat perintah pelaksanaan razia, maupun surat kantor untuk
melakukan perjalanan dinas.
9. Surat Penawaran
Surat penawaran merupakan salah satu surat resmi yang digunakan suatu
instansi untuk melakukan kerjasama bisnis dengan calon pembeli. Surat
penawaran umumnya berisikan tentang keinginan penawaran suatu produk
barang maupun jasa untuk kantor ataupun suatu event tertentu.
Cara Membuat Surat Resmi
Setelah mempelajari beberapa hal terkait dengan surat resmi. Maka,
penting untuk pembaca untuk mengetahui cara membuat sura resmi yang baik
dan benar. Dikarenakan, boleh jadi kamu suatu saat akan ditunjuk oleh
atasan atau instasi ditempak kamu bekerja untuk membuat surat resmi
diatas.
Maka, untuk itu kita perlu tahu cara membuat yang benar. Sehingga, kamu
tidak akan bingung lagi cara membuat surat resmi. cara membuat surat
resmi di word adalah:
1. Kepala Surat
Menulis kepala surat untuk surat resmi amatlah penting. Hal ini
dikarenakan kepala surat menunjukkan identitas dari instasi atau lembaga
mana yang memberikan surat tersebut.
Pada pembuatan kepala surat memerlukan 4 poin yang diperlukan. Kelima poin tersebut ialah :
a. Nama Instansi, Lembaga, dan sebagainya;
b. Alamat Lengkap Instasi, lembaga dan selainnya;
c. Kontak yang bisa dihubungi berupa nomor telepon, email, dan selainnya;
d. Logo instansi atau lembaga yang mengeluarkan surat.
Walau tidak semua poin diatas diperlukan untuk beberapa alasan
tertentu. Tetapi, dengan melengkapi data tersebut akan memudahkan
penerima surat untuk mengetahui identitas surat tersebut.
Untuk penulisan kop surat posisi penulisan berada pada bagian paling
atas dengan berada pada posisi tengah, dengan huruf kapital dan
diperbesar dan pertebal.
Dengan membuat surat tersebut dengan menggunakan word, Kalian dapat memanfatkan fitur insert header & footer.
Dengan memanfaatkan fitur tersebut kamu dapat dengan mudah membuat kop
surat tanpa bingung membuat lagi pada lembar selanjutnya.
Caranya adalah saat masuk ke word silahkan double click pada bagian atas lembar kerja atau dapat masik ke bagian toolbar masuk ke insert header&footer. Kemudian buatlah tabel 2 kolom dan 1 baris.
Setelah itu, buatlah tulisan kop surat sesuai dengan instansi dan
lembaga pada kotak kolom kanan. Kemudian berikanlah logo pada sisi kolom
kiri. Dengan setelah memberikan tulisan kepala surat dan logo instansi.
Penulisan kepala surat telah selesai. Maka, selanjutnya menghilangkan
garis tabel pada kepala surat tersebut. Caranya dengan masuk ke menu “Border & Shading” kemudian memilih “Border” hilangkan karis kanan, kiri, atas, dan tengah. Setelah itu pilih style dan mempertebal garis bawah untuk sebagai garis di kop suratnya, kemudian pilih OK.
Maka, pembuatan kop surat resmi telah selesai.
2. Nomor, Perihal, Lampiran
Selanjutnya hal yang harus tertera dalam surat resmi adalah penomoran
surat, Perihal, dan Lampiran. Dengan adanya penomoran dapat menjadi
nomor arsip bagi administrasi pada nomor surat pada setiap instansi.
Pada penomoran surat memiliki arti dan maksud tujuannya kenapa setiap
nomor tersebut dituliskan. Dengan setiap penomoran yang ditulisakn dpat
dibuat sendiri standarnya oleh setiap instansi atau lembaga yang
membuatnya. Tetapi pada standar penomoran mencakup poin-poin berikut :
Contoh:
Nomor : A.020/Sek-Jur/UGM/X/2017
A = Merupakan kode surat ditujukan untuk internal instansi ataupun lembaga. Sedangkan kode B ditujukan untuk pihak luar instasi.
020 = Adalah nomor surat yang dikeluarkan. Artinya nomor 020 tersebut ialah nomor yang ke-20 dikeluarkan pada bulan tersebut.
Sek-Jur = Ialah surat dengan singkatan
Sekertaris Jurusan, biasanya untuk lembaga pendidikan. Singkatan ini
dapat berubah sesuai dengan lembaga yang mengeluarkan surat dan untuk
keperluarn apa surat tersebut dikeluarkan.
UGM = Merupakan instansi yang mengeluarkan surat tersebut.
X = Merupakan bulan surat tersebut dikeluarkan, biasanya ditulisakn dengan angka romawi.
2017 = Tahun surat dikeluarkan.
Setelah
mengetahui cara pembuatan nomor surat resmi. Maka, hal selanjutnya
adalam membuat perihal. Pembuatan perihal surat merupakan tujuan surat
tersebut di keluarkan. Bisa berupa undangan rapat, surat edaran, maupun
surat perintah.
Contoh :
Perihal : Undangan Rapat
Kemudian, terdapat lampiran yang terdapat pada surat resmi. Umumnya
lampiran berisikan informasi terkait dengan rincian berkas tambahan dari
surat tersebut.
Contoh :
Lampiran : 1 Berkas
Maka, jika digabungkan untuk identitas surat tersebut menjadi :
Nomor : A.020/Sek-Jur/UGM/X/2017
Perihal : Undangan Rapat
Lampiran : 1 Berkas
Untuk membuat surat tersebut dengan menggunakan word sangatlah mudah.
Kamu hanya cukup membuat tabel dengan terdiri dari 3 kolom dan 3 baris
dan diatur dengan besar seperti gambar dibawah ini.
Kemudian, isikan kolom pertama dengan urutan nomo, Perihal, dan Lampiran surat.
Selanjutnya, tinggal atur tabel tersebut menjadi no border sehingga garis tabel tersebut tidak tampak.
3. Alamat Surat
Alamat surat juga merupakan salah satu oin dalam surat yang perlu
diketahui cara penulisannya. Karena, dengan adanya alamat surat dapat
tertuju dengan baik dari pengirim untuk penerima. diantara struktur
penulisan alalamat surat berupa :
a. Penempatan alamat surat terdapat pada dua tempat, yaitu pada halama depan amplop surat dan bagaian awal dari surat tersebut.
b. Penulisan alamat surat harus jelas dan lengkap pada bagaian amplop
surat, kemudian pada bagian awal surat hanya mengandung poin penting
dari alamat surat tersebut.
c. Diawali dengan tulisan “Kepada” yang menunjukkan penghormatan formal.
d. Memberikan kata “Yang Terhormat” atau pada penyingkatan kata “Yth.”.
e. Menuliskan panggilan awal “Bapak/Ibu” bisa juga dengan “Sdr/Sdri” atau “Sdr(i)”, lalu di susul dengan nama orang yang dituju.
f. Dalam beberapa kasus menuliskan jabatan orang yang dituju atau nama bidang di instansi.
g. Menuliskan kata lokasi dengan jelas ketika disampul dan cukup menuliskan kata “Di Tempat” pada awal surat.
Contoh:
Kepada
Yth.
Bapak Rustam Suhaili
Kepala Bagian II Kemahasiswaaan
Universitas Gajah Mada
Di_
Tempat
Setelah mengetahui cara menuliskan alamat tujuan surat tersebut.
selanjutnya bagaimana cara membuat alamat surat resmi pada microsoft
word. Karena, ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh
orang.
Cara membuat surat resmi di microsoft word untuk penulisan alamat
surat ialah pada kolom bawah dari lampiran surat. Maka, yang dilakukan
selanjutnya adalah membuat tabel dengan 1 baris dan 2 kolom seperti di
bawah ini :
sinaukomputer.comSetelah itu, tulislah alamat surat sesuai dengan
tujuan surat yang kamu diperintahkan untuk membuatnya. Perlu diketahui
dalama beberapa format penulisan alamat surat resmi terdapat dua versi.
Yaitu : alamat surat yang berada di sebelah kiri dana alamat surat yang
dituliskan disebelah kanan surat.
Dengan membuat tabel tanpa karis dengan dua kolom inilah yang akan membantu kamu dalam menempatkan alamat surat tersebut.
Ketika posisi telah selesai menuliskan alamat tujuan pada surat
resmi. Maka, kalian cuku pengatur jarak antar kolom tersebut ketika
dirasa kurang sesuai atau posisi dan penempatannya kurang pas.
4. Salam Pembuka, Isi Surat, Salam Penutup
Dalam penulisan salam pembuka, isis surat, dan salam penutup untuk
surat resmi henkanya menggunkana bahasa yang baku serta memperhatikan
EYD dalam penulisan surat.
Pada salam pembuka cara membuat surat resmi dapat diawali dengan kata
“Dengan Hormat,”. Kemudian, kalimat sambutan yang sopan dan santun
sembari menjelaskan keperluan surat ini dibuat.
Umumnya pada salam pembuka surat resmi berisi tentang ucapan syukur
serta ucapan yang semisal dengan itu untuk beberapa jenis surat.
Sedangka untuk jenis surat resmi lainya dapat berisikan penjelasan
terkait surat tersebut dikeluarkan.
5. Pengirim
Pengirim adalah pihak yang mengirim surat resmi tersebut. Dimana,
pengirim bisa terdiri dari tiga pihak, dua pihak maupun satu orang saja
tergantung jenis surat apa yang dibuat dan wewenang kepentingan surat
tersebut.
Pada umumnya pengirim surat resmi terdiri dari dua pihak yaitu ketua
dan sekertaris. Dimana, posisi tanda tangan ketua berada pada posisi
kiri dan sekertaris pada posisi kanan.
Dalam membuat surat resmi pada bagian pengiriman perlu memperhatikan
tata cara penulisan agar tidak salah dalam menulis, diantara format
penulisannya ialah :
a. Memberikan keterangan jabatan penanda tangan seperti Ketua Pelaksana, Sekertaris, dan lain sebagainya;
b. Penulisan nama Diawali dengan huruf kapital Seperti Rahmat Suhaili, Dzul Fufqon;
c. Nama dilengkapi dengan title yang bertanda tangan seperti Drs. Rahmat Ismail M.Eng
d. Dibawah nama yang digaris bawahi terdapat nomor identitas penda
tangan apakah berupa NIP, NIS, atau semisalnya seperti NIP. 480 094 879
Contoh:
Ketua Pelaksana
Muhammad Adnan. S.T, M.Eng
NIP. 151094 200121 283 465
Cara membuatnya sangatlah sederhana pada bagian akhir surat kita buat
tiga kolom dan satu baris tabel seperti yang kita buat sebelumnya
diatas.
Kemudian, kita buat format penulisan tanda tangan mulai dari jabatan
sampai dengan nomor identitasnya. Setelah itu silahkan atur agar posisi
antara penandatangan sebelah kiri bisa rata dan sesuai yang berada
disebelah kanan.
Bagaimana ? mudah bukan
Contoh Surat Resmi
Setelah mempelajari terkait dengan surat resmi, mulai dari pengertian
surat resmi, ciri-ciri surat resmi, format penulisan, dan cara membuat
surat resmi. Maka, tidak lengkap rasanya tanpa melihat contohnya
langsung.
Pada saat ini kita akan memberikan beberapa contoh surat resmi yang
sering digunakan di masyarakat, sekolah, instansi dan lembaga.
PEMERINTAH WILAYAH DAERAH ISTEMEWA YOGYAKARTA
DINAS PENIDIKAN DAN KEBUDAYAAN YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Utara No. 20, Sleman, DIY 22125
Telp. (021)5526xxx enjiner@gmail.com
======================================================
DINAS PENIDIKAN DAN KEBUDAYAAN YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Utara No. 20, Sleman, DIY 22125
Telp. (021)5526xxx enjiner@gmail.com
======================================================
Yogyakarta, 21 Januari 2018
Nomor : A.010/RAKER/UGM/I/2018Perihal : Undangan Rapat
Lampiran : –
Kepada Yth.
Dekan dan Wakil Dekan
Universitas Gajah Mada
DI_
Tempat
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta terkait dengan persiapan akreditasi BAN/PT. Dengan ini kami mengundang para dekan dan wakil dekan seluruh fakultas Universitas Gajah Mada untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Kamis, 25 Januari 2018;
Pukul : 08.30 – Selesai;
Tempat : Ruang Yudisium B.15 Gedung Newton Lt.3.
Dengan demikian kami mengharapakan kehadiran para Bapak/Ibu dekan dan
wakil dekan Universitas Gajah Mada untuk menghadiri rapat tersebut demi
masa depan kampus kita ini.Pukul : 08.30 – Selesai;
Tempat : Ruang Yudisium B.15 Gedung Newton Lt.3.
Hormat Kami,
Rektor Universitas Gajah Mada
Drs. Muhammad Adnan Syarief S.T, M.Eng
NIP: 151094 200121 283 xxx
Contoh Surat Resmi Undangan Resmi
PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
KECAMATAN PULOGADUNG
KELURAHAN JATI
Jalan Perhubungan Raya No. 10 A, Jakarta Timur
Telp. (021) 3458726779 Kode Pos 21511
===================================================
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
KECAMATAN PULOGADUNG
KELURAHAN JATI
Jalan Perhubungan Raya No. 10 A, Jakarta Timur
Telp. (021) 3458726779 Kode Pos 21511
===================================================
10 Januari 2017
Nomor : A.004/ADM/PROV/I/2017Perihal : Undangan
Lampiran : –
Kepada Yth.
1. Ketua RW 001 s/d RW 020
2. Ketua dan Anggota LMK
3. Pengurus PKK
4. Kelompok Pemuda
Di_
Tempat
Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Nomor 2 tahun 2002 tentang Pengendalian Pencemaran Udara di Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Instruksi Gubernur Nomor 78 Tahun 2011 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan Peraturan gubernur Provinsi DKI Jakarta no.12 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Serta Surat dari Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur undangan lanjutan acara Rapat kegiata Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) bulan Januari 2018Kota Administrasi Jakarta Timur.
Maka dengan ini akan dilaksanakan rapat membahas Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di wilayahan Kecamatan Pulogadung Kota Administrasi jakarta Timur pada:
Hari/Tanggal : Minggu, 14 Januari 2018;
Pukul : 06.00 s/d 11.00 WIB;
Acara : Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB);
Tempat : Halaman Gedung Honda, Jalan Raya Pemuda Jakarta Timur.
Mengingat pentingnya acara diatas, kami selaku Pemerintah Kota
Administrasi Jakarta Timur agar para Kutua RW untuk menyampaikan acara
tersebut kepada seluruh jajaran masyarakat Pulogadung. Atas kerjasamanya
kami ucapkan terimakasih.Pukul : 06.00 s/d 11.00 WIB;
Acara : Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB);
Tempat : Halaman Gedung Honda, Jalan Raya Pemuda Jakarta Timur.
Lurah Jati
Nugroho M. Bowono
Nip. 19831019 20010717 9033 295
Tembusan:
1. Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur.
2. Camat Pulogadung.
Contoh Surat Undangan Rapat
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA Negeri 5 Semarang
Jl. Penawaran Barang Serbaguna No. 21 Semarang Raya
SMA Negeri 5 Semarang
Jl. Penawaran Barang Serbaguna No. 21 Semarang Raya
==================================================
Semarang, 16 Januari 2018No : 022/OSIS/UND EX/I/18
Lamp : –
Hal : Undangan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)
Kepada Yth
Ketua Kelas
SMK Negeri 5 Semarang
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakan lliburan pasca semster ganjil tahun ajaran 2017/2018. Kami dari selaku pengurus OSIS SMA 5 Semarang mengundang seluruh ketua kelas dari kelas X, XI, dan XII untuk menghadiri undangan rapat OSIS yang akan membahas pengenai pembentukan panitia PORSENI yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : 24 Januari 2018
Pukul : 14.30 WIB s/d Selesai
Tempat : Aula Serbaguna SMA Negeri 5 Semarang
Acara : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)
Mengingat pentingnya acara tersebut. Maka, kami mengharapkan
kehadiran seluruh ketua kelas atau yang mewakili untuk menghadiri
undangan rapat tersebut. Atas kerjasama teman-teman sekalian kami
ucapkan terimakasih.Pukul : 14.30 WIB s/d Selesai
Tempat : Aula Serbaguna SMA Negeri 5 Semarang
Acara : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)
Mengetahui
Ketua OSIS
Hamzah Ivan
NIM. 20120112
Contoh Surat Resmi Perusahaan
PT. MATSUGATA
Ruko Permai Blok A3 Lt. 12 No. 4 Jl. Raya Melati Km. 3,8 Surakarta 556398
Telp. 022 1482527863 Fax. 022 56498566 Mobile. 6848918530
Website: www.ptmatsugata.com Email: info@matsugata.com
Ruko Permai Blok A3 Lt. 12 No. 4 Jl. Raya Melati Km. 3,8 Surakarta 556398
Telp. 022 1482527863 Fax. 022 56498566 Mobile. 6848918530
Website: www.ptmatsugata.com Email: info@matsugata.com
Yogyakarta, 18 November 2016
Nomor : 005/PTSAB/60/XI/2016Perihal : Penawaran Barang Elektronik
Lampiran : –
Kepada
Bapak/ Ibu Calon Customer
PT. Enjiner Persada
Di Tempat
Dengan hormat,
Perkenalkan kami dari PT. Matsugata merupakan salah perusahan yang bergerak dalam bidang elektronik dan komunikasi dan telah mendistribusikan berbagai macam produk baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan telah berpengalaman dengan berbagai CV, Kantor, dan proyek pemerintah. Maka, kami pun telah memiliki pengalaman yang lama dan mampu bekerja dengan baik.
Dengan begitu, kami berniat untuk melakukan kerjasama dengan CV. Enjiner Persada sebagai penyedia barang elektronik serta membantu dalam pendistribusian. Baik berupa ekspedisi DOOR to DOOR, Cy to DOOR, atau pun Cy to Cy. Adapun barang-barang yang mampu yang kami sediakan untuk perusahan Anda berupa :
Kami juga melayani trucking untuk seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, dengan itu kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan barang yang kami kirim.
Dengan demikian, kami berharap Bapak/Ibu berkehendak untuk memberikan jawabannya sebagai tindak lanjut dari surat penawaran yang kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
Yogyakarta, 19 18 November 2016
Kepala Departemen SDM
PT. Matsugata
Farhan Hadi, S.Sos, MM
Contoh Surat Resmi Sekolah
PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 15 MAGETAN
Jl. Raya Melati Km. 3,8, Kawedanan, Magetan 56983
Telp. 022 1482527863 Fax. 022 56498566 Mobile. 6848918530
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 15 MAGETAN
Jl. Raya Melati Km. 3,8, Kawedanan, Magetan 56983
Telp. 022 1482527863 Fax. 022 56498566 Mobile. 6848918530
=========================================================
Nomor : B.115/WMB/15/IX/2016Lampiran : –
Perihal : Permohonan Nama Domain
Kepada Yth.
MENKOMINFO Kab. Magetan
Di_ Tempat
Yang Bertanda Tangan di bawah ini :
Nama : Nanang Budiutomo S.Sos. M.Pd
NIP : 219856410624912645
Jabatan : Kepala Sekolah
Alamat : Jl. Raya Melati Km. 3,8, Kawedanan, Magetan
Dengan ini kami mengajukan nama domain “sman15magetan.sch.id” sebagai
nama domain resmi SMA Negeri 15 Magetan. Tujuan kami ingin dibuatkan
nama domain tersebut adalah sebagai salaha satu langkah untuk
meningkatkan mutu dan kualitas dari sekolah kami.Demikian surat permohonan ini kami ajukan. agar dapat di tindaklanjuti sebaik mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Magetan, 13 September 2016
Kepala Sekolah
Nanang Budiutomo S.Sos. M.Pd
NIP 219856410624912645
Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris
DISTRICT GOVERMENT OF YOGYAKARTA
EDUCATION AUTORITIES
SMA Negeri 1 YOGYAKARTA
Jln. Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Yogyakarta
Telephone. (0651) 23225 Fax. 23225
======================================================================
No : 108 / SMAN 1/ III/2016EDUCATION AUTORITIES
SMA Negeri 1 YOGYAKARTA
Jln. Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Yogyakarta
Telephone. (0651) 23225 Fax. 23225
======================================================================
Attachment : –
Subject : Invitation
To :
Mr/Mrs. Parents / Guardian of students of Class XII
SMA Negeri 1 Yogyakarta
In Place
With respect,
As we known that for the next fourth month. All of the students from class XII will be starting National Exam in 12th April 2016. With that for increase morals and spirits of student class XII before National Exam, we invite you for a meet and discuss student prepare. This event will be held on :
Day/ Date: Thursday, November 24, 2016
Time: 09:00 to 12.00
Points: Auditorium SMA Negeri 1 Yogyakarta
With this letter, we hope that Mr/Mrs. / guardian of the students participates this event. Thank you for your attention.Time: 09:00 to 12.00
Points: Auditorium SMA Negeri 1 Yogyakarta
Principal of SMAN 1 Yogyakarta
Fahrul Ismail, M.Pd
Contoh Surat Resmi OSIS
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 MADIUN
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
PANITIA PELAKSANA LDKS MADIUN
======================================
SMA NEGERI 1 MADIUN
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
PANITIA PELAKSANA LDKS MADIUN
======================================
Madiun, 14 Januari 2018
Nomor : 023/OSOS/I/2018Perihal : Surat Permohonan Izin
Lampiran : 1 Berkas
Kepada Yth.
Orang Tua Murid OSIS SMAN 1 Madiun
Di Tempat
Assalamualaiakum Warohmatullahi Wabarokatuh
Dengan Hormat,
Sehubungan dengan diadakannya acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Dimana, hal tersebut merupakan salah satu kegiatan pelantikan pengurus baru siswa-siswi anggota OSIS SMA Negeri 1 Madiun.
Selaku panitia dan pengurus OSIS SMA Negeri 1 Madiun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu dan wali murid agar memberikan izin kepada putra/putrinya untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu-Minggu / 20-21 Januari 2018
Waktu : 06.00 s/d selesai
Tempat : Hotel Cempaka Putih Permai, Madiun
Demikianlah surat permohonan izin ini kami sampaikan dengan tujuan
agar sekiranya Bapak/Aau ibu dan wali murid bersedia memberikan izinya
untuk mengikuti kegiatan tersebut. Atas perhatian dan kerja samanya kami
ucapkan banya terima kasih.Waktu : 06.00 s/d selesai
Tempat : Hotel Cempaka Putih Permai, Madiun
Waalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Hormat Kami
Ketua OSIS Ketua PELAKSANA
Ismail Marzuki Nanang Budianto
NIS 22563 NIS 99653
NIS 22563 NIS 99653
Menyetujui,
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Ibrahim Wahyudi
NIP 1369854697852324
NIP 1369854697852324
Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar
PEMERINTA PROVINSI BANTEN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
Gedung Dinas Pendidikan KawasanPusat Pendidikan Provinsi Banten
Jl. Syeh Nawawi Al Bantani KP3B Palima – Serang
046-4856218
======================================
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
Gedung Dinas Pendidikan KawasanPusat Pendidikan Provinsi Banten
Jl. Syeh Nawawi Al Bantani KP3B Palima – Serang
046-4856218
======================================
Serang, 14 April 2017
Nomor : 023/Disdik/IV/2017Lampiran :
Perihal : Edaran
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Di Tempat
Dengan surat ini kami sampaiakan kepada seluruh bapak/ibu kepala sekolah SMA se-derajat. Dalam rangka meningkatkan mutu sekolah dalam bidang teknologi dan informasi dan kecakapan teknologi. Maka, dengan hal tersebut kami dari pihak Pemerintah Provinsi Serang Dinas Pendidikan dan Olahraga akan mengadakan pelatihan kecakapan teknologi.
Sehingga, dengan melalui pelatihan tersebut diharapkan bapak/ibu sekalian mampu dan lebih baik lagi dalam mengelola sistem pendidikan yang ada di sekolah masing-masing dengan baik dan benar.
Maka, mohon sekiranya bapak/ibu kepala sekolah sekalian untuk dapat hadir mengikuti kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Sabtu-Minggu / 25-26 April 2017
Waktu : 06.00 s/d selesai
Tempat : Gedung Aula Dinas Pendidikan Serang
Susunan acara :Waktu : 06.00 s/d selesai
Tempat : Gedung Aula Dinas Pendidikan Serang
a. Registrasi
b. Pengarahan dari panitia
c. Pemberian modul
d. Pelatihan kecakapan teknologi
Perlengkapan yang harus disediakan :b. Pengarahan dari panitia
c. Pemberian modul
d. Pelatihan kecakapan teknologi
a. Laptop
Demikianlah surat ini kami sampaiakan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Kepala Dinas Pendidikan
Abdul Afifi
NIP. 13698546544842324
NIP. 13698546544842324
Kesimpulan
Demikianlah penjelasan terkait dengan contoh surat resmi dengan
berbagai penjabaran didalamnya. Dengan demikian, kami berharap kamu yang
sedang membaca ini mampu mengambil banyak pembelajaran yang menarik.
Kritik dan saran yang membangun akan menjadi informasi yang sangat
bermanfaat bagi kami semua. Untuk itu, tinggalkan komentar untuk kami.
Terimakasih.
0 Comments